Impor Raw Sugar masih belum mencukupi

QUOTA IMPOR RAW SUGAR MASIH KURANG

Pemerintah akhirnya memutuskan kuota impor gula mentah tahun ini sebesar 2.265.000 ton. Jumlah tersebut masih lebih rendah dibandingkan tahun 2012, yakni 2,35 juta ton.

Jumlah kuota yang diputuskan tersebut juga masih di bawah kebutuhan industri makanan dan minuman, yang diproyeksikan mencapai 2,9 juta ton tahun ini. Pemerintah diminta melakukan evaluasi selama semester I, untuk memastikan kebutuhan industri terpenuhi, sehingga nilai impor raw sugar tersebut masih memungkinkan untuk meningkat.

Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia Suryo Alam mengatakan, delapan anggotanya telah menerima daftar kuota impor gula mentah untuk kebutuhan industri makanan dan minuman pada tahun ini.

“Kuota itu tidak mencukupi karena kebutuhan gula rafinasi industri makanan dan minuman mencapai 2,7 juta ton atau setara dengan 2,9 juta ton gula mentah,” kata Suryo, Selasa (29/1/2013).

Menurut dia, impor akan dilakukan setiap semester. Pada semester I alokasi impor mencapai 60 persen dari kuota, sementara sisanya dilakukan pada semester II. “Kami minta supaya ada evaluasi pada periode semester I. Jika memang tidak mencukupi maka bisa ditambahkan di semester II,” ujarnya.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.