Pabrik Gula Terbesar di Indonesia adalam PTPN X

PTPN X PRODUSEN GULA TERTINGGI DI BUMN GULA

Pada tahun 2012, PT Perkebunan Nusantara X (Persero) menjadi penghasil gula terbesar secara nasional. Dengan jumlah produksi mencapai 494.193 ton atau sekitar 19% dari total produksi pabrik gula domestik sebanyak 2,56 juta ton.

Direktur Utama PTPN X Subiyono mengatakan, dibandingkan dengan produksi gula tahun lalu yaitu sebesar 446.926 ton, produksi tahun ini meningkat sepuluh persen menjadi 494.193 ton.

“Alhamdulillah, tahun ini produksi gula PTPN X paling besar secara nasional, disusul PTPN XI dan Sugar Group dengan kontribusi masing-masing 16%,” sebut Subiyono.

Ketua Umum IKAGI ini mengungkapkan, produktivitas tebu tahun ini pun mengalami kenaikan. Dengan lahan tebu seluas 72.125 hektar dapat menghasilkan 84,2 ton tebu per hektar dengan rendemen (kadar gula dalam tebu) 8,14 persen.

Perusahaan plat merah ini menargetkan produksi tahun depan meningkat menjadi 538.000 ton. Caranya dengan melakukan optimalisasi kapasitas giling. ”Inovasi dari sisi on farm dan off farm terus kami tingkatkan melalui berbagai cara, seperti metode bud chips, penilaian rendemen dengan memakai core sampler, dan efisiensi pemakaian bahan bakar minyak,” terang mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur ini.

Masih menurut Subiyono, PTPN X memiliki 11 pabrik gula dengan kapasitas terpasang sebesar 37.000 ton tebu per hari (TCD). Dimana pada musim giling tahun ini sudah hampir terpakai seluruhnya.

“Produksi gula tahun 2013 ditargetkan menembus kisaran 538.000 ton,” pungkasnya. Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.