Tanaman Tebu untuk Wilayah Jember oleh PTPN 12

PTPN 12 AKAN MENANAM TEBU

PTPN 12 Wilayah 2 Jember tetap ngotot untuk menanam tebu di areal Lapangan Terbang (Lapter) Notohadinegoro. Alasannya, penanaman akan dilakukan sampai lapter beroperasional.

Meskipun Komisi C DPRD Jember meminta agar PTPN membabat tanaman tebu yang ada di areal lapter.

Manajer PTPN 12 wilayah 2 Jember Irsan Rambee menyatakan, pihak PTPN 12 enggan untuk menebang tanaman tebu, karena lapter masih belum beroperasi. Jika nanti lapter akan beroperasi, maka pihaknya siap untuk menebangnya.

Ia katakan, tanaman tebu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga, sebagai pemilik sangat manusiawi jika pihaknya keberatan dengan pembabatan tanaman itu. Apalagi Lapter Notohadinegoro masih belum akan beroperasi, sehingga keberadaan tanaman itu tidak akan mengganggu.

“Tapi jika lapter akan dioperasikan lagi, kami siap untuk menebangnya,” ujarnya.

Sementara, sejumlah fraksi di DPRD Jember mendorong pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait persoalan Lapter Notohadinegoro.

Beberapa fraksi yang menyerukan pembentukan pansus itu, yakni Fraksi Demokrasi Perjuangan Indonesia Raya dan Fraksi Kebangkitan Nasional Ulama.

Ketua Fraksi Kebangkitan Nasional Ulama DPRD Jember, Marduwan menyatakan, fraksinya sepakat jika persoalan penanaman tebu di areal lapter itu di pansuskan. Pasalnya, selama ini tidak ada pendapatan yang masuk ke Kas Daerah atas penanaman itu.

Namun demikian di dalam pansus nantinya, FKNU berharap persoalan status lahan dapat menjadi terang. “Karena ini biar jelas, status lahan itu, tidak seperti saat ini, sama-sama merasa memiliki,” katanya.

Ketua Fraksi Demokrasi Perjuangan Indonesia Raya DPRD Jember, Bukri menjelaskan, fraksinya berpandangan jika persoalan status lahan lapter itu harus dikuak.

Dia berpandangan bahwa persoalan penanaman tebu hanyalah sekelumit masalah dari persoalan lahan. Dia berharap nantinya jika di pansuskan, maka persoalan HGU atas tanah lapter dapat segera diselesaikan. Re-Published by Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.