Pabrik Gula Indonesia, PTPN X berikan Training kepada Petani Tebu

PTP X BERIKAN TRAINING MEKANISASI PERTANIAN

Untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian khususnya di Wilayah Madura, PT Perkebunan Nusantara X (Persero) memberikan pelatihan kepada 40 orang petani tebu. Pelatihan tersebut adalah pelatihan keterampilan petani untuk mengolah kebun dengan sistem mekanikasasi.

Kepala Bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN X, Wasis Pramono mengungkapkan, pemberian pelatihan keterampilan kepada petani tebu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh perusahaan. Namun, untuk petani tebu asal Madura, khususnya Bangkalan dan Sampang, kegiatan ini merupakan kegiatan kali pertama.

“Pelatihan ini digelar untuk mendukung program perusahaan dalam upaya membangun Madura sebagai pengembangan industri gula ke depan,” terang Wasis kala ditemui di kantor direksi PTPN X Surabaya.

Wasis menjelaskan ke-40 orang petani tebu asal Madura tersebut mendapatkan pelatihan mekanisasi bersama puluhan orang petani tebu asal Jawa Timur. Selama tiga hari, mereka mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana mengolah lahan dengan menggunakan traktor guna mempercepat proses pengolahan lahan sebelum ditanami.

“Mereka mendapatkan pelatihan teori dan praktek yang dilakukan di lahan PG Djombang Baru tepatnya di Desa Kabuh, Kecamatan Kabuh, Jombang,” tuturnya.

Masih menurut Wasis, pelatihan yang dihelat Desember ini, akan digelar ulang tahun 2013 dengan mengundang para petani tebu yang belum pernah mendapatkan pelatihan. Hal ini diharapkan agar petani dapat mengerjakan lahan mereka tanpa bergantung kepada tenaga kerja yang semakin sulit diperoleh. sumber BUMN, Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.