pabrik gula mini, menteri perindustrian, lahan tebu,

PENGADAAN LAHAN SELUAS 300 RIBU HEKTAR OLEH 3 KEMENTRIAN

Pihak Kementerian Perindustrian bersama dengan Kementerian Pertanian mulai melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai pengadaan lahan sekitar 300.000 hektar sebagai upaya mendukung revitalisasi industri gula dan langkah nyata dalam program swasembada gula nasional 2014.

“Dalam rangka swasembada gula yang sudah terhambat lebih dari dua tahun, kita membutuhkan sekitar 300.000 hektar lahan yang sekarang ini coba direalisasi,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantornya di Jakarta, Jumat.

Lahan tebu seluas 300.000 hektar yang diajukan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu rencananya terdiri dari 18 lokasi yang seluruhnya berada di luar Pulau Jawa, yakni Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

“Per lokasinya kurang lebih sekitar 20.000 hektar lahan dengan skema inti plasma agar masyarakat sekitar bisa ikut terlibat,” jelas Menperin.

Meski masalah gula sejatinya merupakan tugas Kementan, tetapi khusus upaya revitalisasi itu, Kemenperin beserta Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga diikutsertakan karena dinilai masih memiliki keterkaitan satu sama lain.

Menperin optimistis, koordinasi restrukturisasi industri gula yang dilakukan bersama dengan Kementan dan BPN bisa direalisasikan dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan berharap restrukturisasi industri gula itu bisa selesai sebelum 2014 karena perannya strategis untuk mencapai swasembada.

“Ini betul-betul strategis, kita bisa melakukan revitalisasi pabrik gula. Dengan kebutuhan lahan kira-kira 300.000 hektar, kita bisa mencapai swasembada,” katanya.

Wamentan juga mengungkapkan swasembada gula yang diharapkan pemerintah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, tetapi juga industri dalam bentuk gula rafinasi.

“Sehingga upaya restrukturisasi gula ini menjadi isu yang sangat strategis,” ujarnya. Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.