Produksi tebu di Jogjakarta telah meningkat pada tahun giling 2012

Panen Tebu di Jogjakarta Meningkat 30 Persen

Hasil panenan tebu di wilayah Provinsi DIY sepanjang 2012 lalu, meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada 2012, rata-rata produksi mencapai 660 kuintal per hektar. Sedangkan tahun 2011 sebesar 525 kuintal.

“Ada kenaikan sekitar 30 persen. Peningkatan ini karena kondisi iklim yang mendukung,” ungkap Direktur Pabrik Gula Madukismo, Rahmad Edi Cahyono disela kunjungan ke lahan tebu Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kalasan, Kamis (17/1).

Untuk masa tanam kali ini, pihaknya meminta petani waspada terhadap serangan hama uret. Apalagi jika musim hujan masih terus berlangsung sampai bulan April.

Kepala Dinas Kehutanan DIY, Muhammad Dawam menyebutkan, saat di Sleman terdapat 1.300 hektar luasan lahan tebu tersebar di beberapa kecamatan.

Lahan paling luas ada di Kecamatan Kalasan yakni 210 hektar, disusul Godean 140 hektar. Area itu masih berpotensi ditambah, terutama pada lahan yang kurang produktif untuk ditanami padi.

Dalam kunjungan itu, Direktur PG Madukismo dan Kepala Dinas Kehutanan mendampingi Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX. Ikut serta pula Bupati Sleman, Sri Purnomo, dan Camat Kalasan, Samsul Bahri.

Selain Kedulan, Wagub juga mengunjungi lokasi penanaman tebu di Dusun Grenjeng, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan. Dalam kesempatan tatap muka dengan petani, Paku Alam meminta mereka lebih giat menggarap perkebunan tebu.

Mengingat, hasil dari komoditi ini mampu membawa kesejahteraan lebih baik bagi petani.

“Nilai dari perkebunan tebu lebih besar dibanding dengan budidaya komoditas lain yang hampir serupa,” katanya.

Kepala Desa Tirtomartani, Sriyanto sekaligus ketua kelompok petani tebu Ngudi Rejeki memaparkan, kelompoknya kini mengelola area tebu seluas 25 hektar yang sebagian merupakan tanah kas desa.

Lahan digarap oleh 15 orang anggota. Hasil dari kegiatan perkebunan ini diakui cukup lumayan. Gambarannya, selama satu musim tanam dapat menghasilkan keuntungan Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. -Suara Merdeka- Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.