Pabrik Gula Terbesar Indonesia

Pabrik Gula Terbesar di Indonesia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN XI, dan PTPN XII telah membentuk anak usaha yaitu PT Industri Gula Glenmore (IGG). Di mana, proyek pertama yang akan digarap oleh IGG adalah membangun pabrik gula di Indonesia.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, proyek pembangunan pabrik gula yang dilakukan oleh IGG, bernilai Rp1,5 triliun dengan luas 102,4 hektare.

“Ini akan menjadi pabrik gula terbesar di Indonesia, pembangunan akan dilakukan di Banyuwangi,” ucap Dahlan kepada wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Pabrik gula ini, kata Dahlan, akan dibangun dengan kapasitas pengolahan 6 ribu ton tebu per harinya. serta akan ditingkatkan menjadi 8 ribu ton per hari. Pabrik gula tersebut nantinya akan mendapatkan pasokan dari PTPN XII.

Selain itu, sember pendaan pabrik gula tersebut 30 persen berasal dari pemegang saham dan sisanya 70 persen berasal dari pinjaman perbankan nasional, seperti BRI, Bank mandiri, Bank Bukopin, dan Bank Jatim.

lanjut Dahlan, dia menyebutkan pembangunan pabrik gula tersebut akan diberikan waktu selama 22 bulan dari Desember 2012, yang ditargetkan selesai Juni 2015.

“Kita berikan waktu 22 bulan, kalau terlambat pembangunannya sangat disayangkan, karena (potensi) bahannya besar sekali, tebunya sudah ditanam, kalau tidak jadi pabriknya, tebunya akan di pasok ke mana,” tutupnya.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.