musim giling tebu 2013 akan segera tiba bagi PTPN x

PABRIK GULA: Musim Giling 2013, PTPN X Bertekad Zero Residu

PT Perkebunan Nusantara X (Persero) telah berhasil menekan penggunaan bahan bakar atau residu selama empat tahun terakhir. Pada musim giling Tahun 2013 ini, perseroan milik negara ini bertekad untuk tidak menggunakan bahan bakar atau residu sama sekali atau zero residu.

Direktur Utama PTPN X, Ir. Subiyono, MMA mengungkapkan keberhasilan PTPN X untuk meningkatkan performa perusahaan adalah keberhasilan perusahaan dalam menerapkan efisiensi. Salah satu efisiensi yang berhasil dilakukan di pabrik gula adalah penekanan penggunaan bahan bakar atau residu.

“Kami berhasil menekan anggaran untuk bahan bakar residu. Bahkan musim giling tahun 2012 lalu, kami hanya menghabiskan anggaran sebesar Rp 4 milliar saja. Untuk tahun ini, kami akan zero residu,” tegas Ketua DPP IKAGi ini.

Subiyanto menyebutkan pada tahun 2008, penggunaan residu di PTPN X mencapai Rp 130 milliar rupiah, menurun pada tahun 2009 menjadi Rp 80 milliar. Angka ini terus menurun menjadi Rp 30 milliar pada 2010, sebesar Rp 8 milliar pada 2011 dan pada tahun 2012 hanya Rp 4 milliar.

Keberhasilan melakukan efisiensi penggunaan bahan bakar residu karena perusahan mampu memaksimalkan penggunaan energi alternatif yang berasal dari bagasse atau ampas tebu.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.