Pabrik Gula Bone Memasang Lori Tebu

Pabrik Gula Bone, Pasang Lori Tebu

Untuk meningkatkan performa Pabrik Gula (PG) Bone pada musim giling tahun 2013, PG Bone membuat jalan lori tebu. Administratur PG Bone, Arief Djatmiko, mengungkapkan, pembuatan jalan lori untuk mengangkut tebu sengaja dibuat agar kepastian jumlah tebu yang digiling dan jumlah tebu yang ditimbang sama.

“Selain agar jumlah tebu sama, pembuatan lori juga dimaksudkan agar tebu yang akan digiling memenuhi kriteria MBS yaitu Manis, Bersih dan Segar,” ungkap Arief kepada kontributor website PTPN X.

Mantan Administratur PG Toelangan ini menjelaskan rencananya rel lori sepanjang enam kilometer. Saat ini pengerjaannya belum dilakukan sebab menunggu kiriman rel lori beserta lori dari Jawa, karen di Jawa, semua PG PTPN X memiliki lori.

Berbeda dengan PG-PG di Jawa, sistem angkut tebu pasca tebang yang diterapkan di Bone-Sulawesi Selatan masih tradisional dan mengabaikan fisiologi tebu. Selama ini tebu-tebu yang sudah ditebang ditumpuk di atas tanah pada area emplasemen. Tebu yang siap giling tersebut bisa terkena hujan bila musim hujan tiba. Kondisi tersebut jelas sangat memengaruhi kualitas tebu, khususnya kadar gula dalam tebu.

“Diharapkan dengan adanya lori seperti di Jawa, target menggiling Tebu MBS bisa segera terpenuhi,” pungkas dia. re-posted by Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.