Kapasitas Giling Pabrik Gula PTPX Dioptimalkan ke 37.000 TCD

PT Perkebunan Nusantara X (Persero) bertekad untuk mengoptimalkan Kapasitas Giling 37.000 TCD di tahun ini dalam rangka menyukseskan program swasembada pangan pada tahun 2014 mendatang.

Direktur Utama PTPN X, Ir. Subiyono, MMA mengungkapkan pada musim giling tahun 2012 lalu, PTPN X berhasil menyumbangkan 19 persen dari total produksi gula nasional. Untuk musim giling tahun 2013, perseroan ini tetap melakukan program optimalisasi kapasitas giling yang dimiliki. Dari sebelas pabrik gula yang ada, total kapasitas giling mencapai 37.000 TCD.

“Kami menekan jam berhenti giling karena cost-nya tinggi. Bahkan ada lelucon, kerugian satu jam berhenti giling setara dengan harga sebuah Kijang Innova,” ucap Subiyono pada wawancara dengan JTV di ruang kerjanya, Kamis tanggal 3 Januari 2012.

Masih menurut Subiyono untuk bisa mengoptimalkan kapasitas giling, maka PTPN X tak henti melakukan perbaikan dan terus melakukan investasi baik di sisi on farm maupun di sisi off farm.

“Kita tingkatkan kualitas di sisi on farm agar suplai bahan baku lancar dan memiliki rendemen tinggi,” kata Mantan Kepala Dinas Perkebunan Jatim ini.

Untuk meningkatkan kapasitas giling, ungkap Subiyono setiap pabrik gula memiliki Standar Operation Prosedure (SOP) masing-masing. Dimana, setiap pabrik gula memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Melalui penerapan SOP yang sesuai dengan kondisi pabrik gula, diharapkan target optimalisasi bisa tercapai.  Sumber PTPX, Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.