tahun ini direncanakan China akan investasi pabrik gula di Dumai, untuk ikut membantu pencapaian target produksi gula di Indonesia

INFO PABRIK GULA: China Bakal Bangun Pabrik di Dumai

Pabrik gula dari China akan menanamkan modalnya senilai triliunan rupiah pada tahun ini di Kelurahan Pelintung, Kota Dumai, Riau.

Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Dumai Hendri Sandra, S.E., menjelaskan pabrik gula dari China itu sudah menyatakan keseriusannya untuk berinvestasi di Kota Dumai, dan sejauh ini sudah mengajukan izin prinsip.

“Keseriusan mereka dibuktikan dengan mengundang Wali Kota Dumai datang meninjau langsung pabrik gula di Beijing, baru-baru ini, dan insya Allah pada tahun ini sudah memulai pembangunan pabriknya,” kata Hendri Sandra, Mingu (13/1/2013).

Dia menjelaskan minat perusahaan asing untuk masuk dan menanamkan modalnya ke Dumai itu telah diajukan sejak 2009 atau pada saat Penanaman Modal masih bergabung dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai.

Wali Kota Khairul Anwar juga telah mengeluarkan izin prinsip terhadap perusahaan tersebut untuk membuka pabrik industri pengolahan gula di kota yang memiliki panjang garis pantai 147 kilomteter tersebut.

“Izin prinsip dari Wali Kota telah diterbitkan, dan untuk perizinan investasi lainnya akan kami berikan kemudahan,” kata Hendri.

Menurut Hendri, perusahaan industri tersebut sejauh ini juga menyelesaikan pembebasan lahan rencana pendirian pabrik di lokasi yang berdekatan dengan Kawasan Industri Dumai (KID), Kecamatan Medang Kampai.

Masuknya pemodal asing ke Dumai dengan mendirikan pabrik gula ini nantinya akan menyerap tenaga kerja masyarakat setempat dengan prediksi kebutuhan sekitar 400 orang.

“Mudah-mudahan pendirian pabrik itu segera terealisasi karena akan banyak warga Dumai bisa bekerja di tempat tersebut, dan niat mereka ini bukan karena diundang, melainkan melihat langsung potensi daerah yang kita miliki,” katanya. Update Oleh: Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.