Harga Gula Putih pada awal tahun ini relatif stabil

Harga Gula Putih Relatif Stabil

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjelang perayaan Imlek stabil, karena pasokan dan distribusi komoditas itu lancar. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Pendagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan, Wismo Adityo di Pekalongan, Jumat, mengatakan ketersediaan beberapa bahan kebutuhan pokok masih mampu memenuhi permintaan masyarakat karena pasokan komoditas sembako masih lancar dan tersedia.

“Menjelang Imlek, ketersedian bahan kebutuhan pokok masih mampu memenuhi permintaan konsumen sehingga diperkirakan tidak akan memicu kenaikan harga komoditas sembako,” katanya. Beberapa bahan kebutuhan pokok yang harganya masih relatif stabil itu, antara lain beras sekitar Rp8.500 per kilogram, gula pasir Rp10.500/ kg, minyak goreng Rp9.500 per liter, daging ayam kampung Rp50 ribu per potong, dan ayam ras Rp26 ribu/ potong.

Sedangkan harga telur ayam, kata dia, semula hanya Rp17.500/ kg kini naik menjadi Rp18 ribu/ kilogram dan daging sapi mencapai Rp76 ribu/kg hingga Rp77 ribu/ kilogram. Ia mengatakan bahwa meski harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil namun harga bawang putih semula Rp28 ribu/kg kini naik menjadi Rp32 ribu/ kilogram. “Meski terjadi kenaikan pada jenis komoditas bahan bumbu masakan namun tidak berimbas pada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, seperti beras dan gula.

Stabilnya harga bahan kebutuhan pokok ini tidak memicu keluhan dari masyarakat,” katanya. Pedagang sembako, Hanik mengatakan bahwa sejak beberapa hari terakhir ini, pasokan bahan kebutuhan pokok relatif lancar dan tersedia sehingga ketersediaan komoditas ini cukup melimpah di pasaran. “Hampir semua bahan kebutuhan pokok, seperti beras, gula, dan minyak hingga beberapa hari terakhir ini masih mampu bertahan dari harga sebelumnya,” katanya. re-Posted by Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini .

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.