Pabrik Gula Giling pada maret 2013, Harga Gula Naik

HARGA GULA NAIK : PEMERINTAH DIDESAK AMBIL TINDAKAN

Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintah untuk melakukan langkah kongkrit mengatasi persoalan tahunan tentang harga gula yang cenderung naik. Hal ini terkait dengan jadual musim giling tahunan pada pabrik gula BUMN yang akan dimulai awal maret 2013 ini.

Desakan KADIN itu dilakukan, karena harga gula sekarang mulai naik dari Rp8.800/kg menjadi Rp11.500/kg (di Pulau jawa), harga luar jawa Rp12.800/kg, dan daerah perbatasan Rp19.000/kg.

Menurut Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog Natsir Mansyur, disparitas harga di Pulau Jawa dan luar Jawa membuat harga gula tinggi.

“Jika kita lihat saat Februari dan musim panen Mei, berarti ada ketidakcermatan pemerintah dalam menghitung neraca gula dan swasembada gula,” katanya, Senin (15/2/2013).

Langkah pemerintah itu dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk menjaga harga gula di Pulau Jawa dibandingkan dengan luar Jawa.

Natsir menegaskan program ideal capacity pemberian impor raw sugar tidak efektif dan lambat, bahkan ada perusahaan yang justru tidak sanggup melaksanakan program itu, sehingga membuka peluang perembesan gula kristal rafinasi, terutama di kawasan Timur Indonesia. Untuk itu diperlukan koordinasi dengan Pabrik Gula yang ada dan mengambil langkah alternatif untuk meningkatkan produksi gula nasional sehingga kebutuhan supplai terpenuhi dan harga gula lebih terkontrol.

“Tentang harga gula di daerah perbatasan kini mencapai Rp19.000/kg, padahal┬ápenduduk di daerah perbatasan ingin juga menikmati harga gula Rp8.000/kg,” jelasnya. posted by Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.