Harga Gula di Lampung masih relatif kondusif

HARGA GULA LAMPUNG MASIH KONDUSIF

Harga gula pasir di Bandarlampung pada pekan pertama Januari 2012 masih bertahan seperti akhir tahun lalu, dan permintaan atas pemanis itu cenderung stabil serta stoknya juga cukup banyak tersedia. Berdasarkan pantauan di sejumlah tempat penjualan bahan pokok di Bandarlampung, Rabu, harga gula curah di tingkat agen mencapai Rp9.800/kg, sedang harganya di tingkat pengecer berkisar Rp10.000- Rp11.000/kg. Di pasar modern, harganya tetap bertahan berkisar Rp10.500- Rp10.750/kg untuk gula curah, serta Rp12.500/kg untuk gula kemasan.

Beberapa pengecer gula menyebutkan harga komoditas pokok itu masih stabil dan pasokannya pun masih lancar. “Harga gula relatif stabil dan pasokannya masih lancar,” kata Edy, salah satu pedagang sembako di kawasan Sukarame Bandarlampung. Sejumlah pedagang gula di pasar tradisional lainnya, seperti Pasar Sukarame Bandarlampung, menyebutkan harga gula masih stabil, yakni berkisar Rp11.000/kg dan pasokannya juga masih lancar.

Di pasar modern seperti Chandra Mal dua hari lalu, harga gula pasir juga bertahan seperti pekan lalu dan pasokannya juga lancar. Harga gula pasir curah di mal itu mencapai Rp10.750/kg. Lampung termasuk pemasok gula terbesar di Indonesia dan hampir 40 persen produksi gula nasional dipasok dari daerah itu Di Lampung terdapat pabrik gula yang dikelola PTPN VII, PT GMP, PT Gula Putih Mataram (GPM) dan Sugar Group.

Kapasitas produksi terbanyak berada di Sugar Group. Kebutuhan gula putih di Lampung mencapai 10 ribu ton/bulan, sementara produksi gula di daerah itu mencapai 800 ribu ton/tahun. Berdasarkan data Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Lampung, stok gula pasir mencapai 215.379 ton, sementara kebutuhan gula di provinsi berpenduduk sekitar 9 juta jiwa itu diperkirakan 6.498 ton/bulan.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.