Harga Gula 2013 ditetapkan oleh Bulog

BULOG TETAPKAN HARGA GULA

Bulog Sumatera Utara menegaskan setelah memenangi tender 11.620 ton gula pasir PT Perkebunan Nusantara II, segera menetapkan harga jualnya untuk pedagang.

“Harga tebus gula eks PTPN II itu untuk pedagang akan segera ditetapkan Bulog. Bulog sendiri memenangi tender gula itu seharga Rp10.100 per kg,” kata Humas Bulog Sumut, Rudi di Medan.
Disebutkan, pasti akan ada penetapan harga segera karena gula itu akan dijual.

Diakui baru pertama kalinya Bulog memenangi tender gula PTPN II. “Manajemen gembira akhirnya Bulog bisa menang, apalagi dalam tender itu sejumlah perusahaan besar dan sudah lama bermain di gula seperti CV Tetap Jaya dan CV Aman Jaya itu ikut bersaing merebutkan gula itu,” katanya.

Humas PTPN II, Rachmuddin menyebutkan, Bulog memenangi tender gula PTPN II itu Selasa, 22 Januari 2012. Gula PTPN II yang dimenangi Bulog itu sejumlah 11.620 ton dengan harga Rp10.100 per kg. “Bulog memberikan penawaran tertinggi, mengalahkan perusahaan swasta yang juga ikut dalam tender gula tersebut,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan penjualan gula kristal putih (GKP) eks raw sugar yang diolah PTPN II diikuti beberapa perusahaan termasuk Bulog yang akhirnya menjadi pemenang. Sebelumnya Kepala Bagian Pemasaran PTPN II, Riza Ketaren menyebutkan, dalam penawaran, harga patokan gula yang ditetapkan PTPN II sebesar Rp10.000 per kg dan Bulog menawarkan Rp10.100 per kg inklusif PPN 10 persen.

Tender itu sempat terjadi dua kali penawaran, karena di saat penawaran pertama tidak ada satu pun perusahaan yag menawar di atas harga yang ditawarkan PTPN II sebesar Rp10.000 per kg itu.

PTPN II sendiri menetapkan pembayaran dua tahap atas gula itu yaitu 25 Januari 2013 dan pada 28 Januari 2013.

Di pasar kini harga gula mulai bergerak naik sekitar Rp500 per kg atau menjadi Rp12.500 per kg dengan dalih biaya transportasi naik. – Posted by Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.