Bangkalan Madura akan didirikan Pabrik Gula Baru

BANGKALAN SIAP DIRIKAN PABRIK GULA

Program penanaman tebu di lahan garam di bangkalan, madura tahun ini mendukung upaya selanjutnya untuk pendirian pabrik gula baru sebagai pengolah tebu dari lahan yang telah tersedia. Dengan potensi lahan hingga mencapai 5 ribu hektar lebih, Kabupaten Bangkalan siap menyambut upaya pemerintah pusat mendirikan pabrik gula di Madura.

“Harus ada tanaman tebu minimal 5 ribu hektar sebagai syarat pendirian pabrik. Kita sudah siap,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (dishutbun) Kabupaten Bangkalan, Abd Razek, Selasa (29/1/2013).

Ia menjelaskan, tahun ini Pemkab Bangkalan tengah mempersiapkan pengembangan 2.500 hektar lahan tebu rakyat

Hingga saat ini, pihak Pemkab Bangkalan telah menyediakan 4.500 lahan tebu rakyat yang siap dikelola.

“Belum lagi 189 hektar dan 500 hektar lahan tebu yang sudah ada,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banyusangkah Kecamatan Tanjung Bumi, Syukur mengemukakan, terdapat 12 hektar lahan tebu yang dikelola kelompok tani tebu Bintang Samudera.

“Sudah tanam perdana seluas 7,5 hektar setiap hektarnya bermodalkan Rp 14 juta,” ujarnya. Surya – Pusat Data dan Informasi Pabrik Gula Mini.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pabrik Gula Mini.com adalah pusat data dan informasi untuk seluruh praktisi sektor pergulaan di Indonesia. Data dan Informasi yang kami sajikan dalam website kami adalah analisa essensial berbasis faktual mulai tahun 2005 hingga 2015.